Rumus Dasar Laporan Keuangan

Laporan keuangan begitu penting sekali. Dalam dunia pendidikan Laporan di kenal sebagai kegiatan pencacatan keuangan atau akuntansi. Dalam bahasa lainnya disebutkan sebagai Pembukuan. Sebenarnya rumus dasar dari laporan keuangan atau akuntansi hanya ada satu dan tidak begitu rumit.

Rumus dasar akuntansi yang saya maksudkan adalah sebagai berikut :

Harta = Utang + Modal

Sehingga di balik dalam posisi apapun maka rumus itu akan tetap sama misalnya :

Utang = Harta - Modal
Modal = Harta - Utang

Rumus dasar inilah yang menjadi patokan dasar dari kegiatan pencatatan dan pembukuan dalam mengelola keuangan. Semua pos di atas, jika dikelompokkan lagi maka akan terlihat sebagai berikut :

Aktiva = Harta
Fasiva = Utang + Modal

Dalam laporang keuangan yang menjadi kunci utama dari hasil yang sempurna adalah balance. Artinya jumlah aktiva harus sama dengan aktiva.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai ketiga pos di atas :

1. Harta
Harta adalah segala kekayaan usaha yang ada dalam perusahaan seperti bangunan, piutang, kas atau uang tunai, kas bank, persediaan, kendaraan, inventaris, Tanah, perlengkapan dan beberapa biaya di bayar di muka. Itu semua di kelompokkan dalam kelompok harta atau Aktiva.

2. Utang
Utang merupakan segala kewajiban perusahaan kepada pihak kedua seperti Utang Usaha, Pinjaman Bank, Investasi Pihak Ketiga dan atau surat saham/obligasi.

3. Modal
Modal adalah segala kekayaan perusahaan yang di setor oleh pemilik perusahaan pada awal perusahaan di buat dan atau setelah Keuntungan perusahaan di posting dalam laporan perubahan modal.

Rumus dasar laporan keuangan ini adalah rumus paten yang tidak bisa di ganggu gugat. Karena rumus inilah yang berlaku di seluruh dunia dalam bidang keuangan atau pembukuan.

Dalam posting mendatang kita akan coba untuk mengupas satu contoh kasus dari kegiatan pembukuan ini !
Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, komentar akan dimoderasi, salam sukses !!
© Mawardi Mustafa. All rights reserved. Premium By Raushan Design