Tiga Sifat Utama Seorang Akuntan

Sebenarnya hal ini adalah wajib bagi setiap orang, ketika kita memutuskan menjadi seorang akuntan maka ada hal dasar atau Tiga Sifat Utama Seorang Akuntan yang harus kita miliki. Pada prinsipnya, jika seorang akuntan meninggalkan 3 sifat utama ini maka bisa dipastikan bahwa tugasnya sebagai seorang akuntan akan terpengaruh.

Berikut Tiga Sifat Utama Seorang Akuntan

accounting (freepik.com)

1. Jujur
Kita harus akui bahwa kejujuran adalah salah satu modal utama bagi setiap orang. Selain itu kejujuran juga adalah sebuah kewajiban kita sebagai manusia. Apalagi jika anda seorang akuntan maka kejujuran harus menjadi perkara paling utama.

Alasannya cukup simple saja, karena pekerjaan seorang akuntan, setiap hasil pekerjaannya yang di buat adalah sesuatu yang mutlak di percayai. Hal ini dikarenakan tidak semua orang dapat membaca laporan keuangan, meneliti awal proses pelaksanaan pencatatan.

Bayangkan saja, jika seorang akuntan bermain curang dalam pembuatan laporannya, maka bisa di pastikan akan terjadi sebuah kekacauan yang fatal dalam perusahaan.

Baca jugaContoh Kasus Laporan Keuangan UKM (Input Buku Besar)

2. Teliti

Poin kedua adalah teliti, karena bisa saja seorang akuntan yang memiliki kejujuran yang terpercaya, menghasilkan sebuah laporan perusahaan yang di kerjakan dengan kurang teliti, bisa jadi laporan yang di buat akan terdapat kekeliruan. Kita harus sepakat bahwa laporan keuangan di buat itu dengan sistem balance (Keseimbangan).

Jika seorang akuntan bekerja tanpa memperhatikan dengan teliti setiap angka-angka nominal yang di kerjakan maka bisa di pastikan bahwa laporan keuangan yang di hasilkan akan tidak balance. Contohnya dalam penulisan 458.845 sangat mungkin terjadi penulisan angka 845.458. Dan lihat saja selisihnya 386.613, sebuah angka yang fantastis bukan ? Makanya seorang akuntan harus memiliki sifat teliti yang tinggi

Baca JugaPentingnya Manajemen Keuangan Yang Baik

3. Disiplin dan Rapi

Disiplin dan rapi yang di maksudkan adalah sifat bukan pada sikap. Akuntansi memiliki disiplin ilmu artinya ada rentetan siklus yang harus di kerjakan, disinilah kedisiplinan itu harus digunakan dan di terapkan dan juga harus mempunyai sifat rapi, dalam artian bahwa pekerjaan yang dibuat seorang akuntan harus terlihat rapi dan bisa di baca dengan jelas oleh orang yang membutuhkan informasi laporan yang di buat.

Jika anda memilih menjadi seorang akuntan, maka tiga sifat utama ini adalah wajib di miliki. Di antara 3 sifat ini, yang paling sudah untuk di lakukan adalah ketelitian. Karena terkadang kita terburu-buru dalam membuat laporan karena ingin cepat selesai sebuah pekerjaan dan melihat hasilnya balance atau tidak !
Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, komentar akan dimoderasi, salam sukses !!
© Mawardi Mustafa. All rights reserved. Premium By Raushan Design