Pengertian Mesin Dalam Berbagai Pendapat


Mesin adalah suatu alat dengan mekanisme tertentu yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Mesin yang kini menjadi salah satu alat bantu manusia memiliki peranan penting dalam kehidupan.

Dan kehidupan tanpa mesin maka akan berdampak sangat luas dan akan mempengaruhi kehidupan manusia dimana semua kegiatan manusia akan melambat.

Pengertian mesin 

Menurut Wikipedia : Mesin atau disebut juga pesawat[1] adalah suatu alat atau peralatan yang cara kerjanya didasarkan kepada perubahan dua bentuk energi pada suatu sistem tertentu.[2] Bentuk energi yang umum diubah pada mesin ialah energi mekanik atau energi listrik. Tujuan pengubahan energi pada mesin adalah untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) : mesin/me·sin/ n perkakas untuk menggerakkan atau membuat sesuatu yang dijalankan dengan roda, digerakkan oleh tenaga manusia atau motor penggerak, menggunakan bahan bakar minyak atau tenaga alam;

Secara umum, mesin memiliki pengertian sebagai mekanik, elektrik, atau sebagainya yang membantu menyelesaikan tugas manusia. Biasanya, benda ini membutuhkan pemicu untuk bisa dipakai menyelesaikan pekerjaan yang sudah ditentukan. Benda ini akan mengirim energi yang sudah diubah menjadi energi keluaran dan bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan.

Jenis-jenis Mesin

Jenis mesin bila di bedakan menurut sumber energi yang digunakan dapat di kelompokkan kedalam 3 jenis mesin yaitu :

1. Mesin Listrik atau Elektronik (sumber energinya adalah listrik)

Jenis yang pertama adalah mesin dengan sumber energinya adalah listrik. Mesin ini secara khusus hanya bisa digunakan atau digerakkan dengan menggunakan listrik.

Mesin ini dianggap paling cukup aman dari pencemaran lingkungan karena tidak memiliki gas buang.

Tapi kekurannya adalah biaya atas energi listrik yang digunakan jauh lebih mahal dibanding mesin lainnya.

2. Mesin Bahan Bakar (sumber energinya adalah Bahan Bakar)

Mesin jenis ini secara khusus menggunakan bahan bakar untuk membuatnya bergerak dan berfungsi. Ada pun jenis bahan bakar yang di gunakan adalah bersumber dari bahan tambang seperti minyak bumi dan batu bara atau bersumber dari tumbuhan seperti minyak bio solar atau kayu.

Mesin jenis ini temasuk mesin yang menyumbang pencemaran lingkungan paling tinggi karena gas buang yang dihasilkannya.

Namun dari segi biaya operasional, mesin ini termasuk paling irit dari segi biaya konsumsi bahan bakarnya.

3. Mesin Alam (Sumber energinya adalah kekuatan Alam)

Mesin jenis ini adalah mesin yang mengandalkan kekuatan alam dan sumber daya energi secara langsung. Sumber energi alam tersebut bisa berupa tenaga manusia sendiri, tenaga dari binatang atau tenaga dari alam seperti aliran air, hembusan angin, atau panas bumi.

Mungkin dari segi biaya operasional, jenis mesin alam ini adalah yang paling murah karena menggunakan energi alam tanpa merusaknya.

Kendala dari mesin ini sendiri adalah biaya pemeliharaan yang sangat tinggi dibandingkan kedua jenis mesin diatas.
Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, komentar akan dimoderasi, salam sukses !!
© Mawardi Mustafa. All rights reserved. Premium By Raushan Design