3 Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Online

Menjalan profesi sebagai seorang internet marketing sudah kulakoni semenjak 11 tahun, Namun yang jadi maslah bahwa tidak satu pun aset secara onine yang terbangun sampai hari ini. Walau pun aset offline ada penambahan/perubahan yang merupakan sumber dari bisnis online namun ada hal terlupan yang bisa jadi pelajaran kita bersama.

Penyesalan pun timbul, hanya ada penyesalan yang bisa diperoleh setelah sekian lama berkecimpung dalam dunia bisnis online.

Selama 11 tahun ini saya mencoba untuk flashback dan mempelajari kesalahan yang kulakukan selama ini dan ada beberapa hal yang ternyata menjadi kelemahan saya selama ini.

Dan saya pun merangkumnya dengan artikel "ternyata kunci sukses itu hanya ada 3 dalam menjalankan bisnis online", berikut pemaparan saya berdasarkan pengalaman yang saya lalui.

1. Fokus

  1. Jualan Online
  2. Penayang Iklan (publisher)
  3. Jualan jasa
Tentukan bisnis kamu sebelumnya dan pastikan untuk fokus pada bisnis itu. Makanya sangat penting untuk menentukan langkah awal ini'

Baca juga : 5 Situs Pasang Iklan Online Terbaik di Indonesia

2. Konsisten

Konsisten atau dalam istilah lainnya di sebut dengan istiqomah adalah terus mengerjakan walau dengan hasil minim bahkan tanpa hasil sekali pun.

Disinilah pentingnya mindset dalam memulai sebuah bisnis yang di akan jalankan. Menang benar bahwa income/penghasilan adalah tujuan utama dari bisnis. Namun income itu tidak mesti berupa materi/uang. 

Namun income itu bisa berupa aset, dan jadikan mindset utama kita dalam menjalankan bisnis online adalah membangun aset yang tetu saja sifatnya juga adalah online (aset online)

Dengan pemikiran demikian, maka kita tidak akan pernah merasa rugi walau pun secara kasat mata kita tidak mendapatkan hasil berupa materi/uang namun secara fakta bahwa aset kita dalam jaringan internet semakin besar dan bertambah.

Dalam hal ini saya contohkan adalah aset berupa blog. Membangun blog dari awal dan terus konsisten untuk mengerjakannya, walau tanpa menghasilkan materi secara langsung namun seiring waktu blog kita semakin besar dan semakin di kenal oleh mesin pencari.

Indeksnya pun semakin besar dan isinya pun semakin bertambah, dan inilah aset atau investasi kita selama mengerjakan blog tersebut.

Atau bila kita membangun sebuah channel youtube, dimana kita secara konsisten mengisinya dengan konten bermanfaat. Kembali lagi bila melihat secara kasat mata kita belum menghasilkan pendapatan dari channel youtube yang kita bangun, namun setidaknya channel kita telah berisi banyak konten berupa video yang tentu saja itu merupakan aset kita.

Untuk membuktikan bahwa Blog mau pun channel youtube adalah sebuah aset, maka coba kamu tawarkan untuk di jual, saya yakin bahwa akan ada banyak orang yang tertarik untuk membeli blog atau pun channel kamu.

3. Sabar

Kunci yang ketiga adalah sabar. Sabar di sini selain kita harus fokus dan konsisten dalam menjalankan bisnis online, yang kita butuhkan berikutnya adalah sabar. Sabar hingga sukses itu datang.

Banyak di antara kita yang mungkin sudah fokus dan sudah konsisten dalam mengelola bisnis internet yang kita jalankan tapi pada akhirnya tidak bisa sabar. Kita selalu bercermin pada kesuksesan orang lain atau takdir baik orang lain.

Ada yang buat blog dalam sebulan bisa mendapatkan penghasilan secara materi atau traffik dengan jumlah besar padahal blog yang di kelola, niche/topik sama dengan blog kita sedangkan kita tidak demikian. Blog tetap sepi dan tak berpenghasilan

Atau ada yang bikin channel youtube baru upload 3 video subscribernya sudah puluhan ribu dengan tontonan video langsung jutaan sedangkan kita yang sudah bikin channel dengan 10 video dan konten sama persis kok miskin view dan subscriber.

Disinilah pentingnya untuk kita bersabar, dan kembali saya mengingatkan bahwa jangan bercermin pada kesuksesan orang lain.

Mungkin topik blog. channel youtube kita bisa saja sama, mungkin cara penulisan dan pembuatan konten kita juga mirip bahkan lebih bagus milik kita dari pada milik mereka, namun satu hal yang harus kita pahami bahwa "rejeki itu tidak pernah sama".

Hal tersebut lah yang harus kita sadari bersama sehingga bercermin dari kesuksesan orang lain bukan berarti meniru kesuksesannya, namun yang benar adalah bercermin dari kesuksesan orang lain adalah meniru bagaimana cara ia bisa sukses.

Demikian dulu tulisan saya kali ini semoga bisa di pahami dengan kesimpulan bahwa "kunci dari suksesnya menjalankan suatu bisnis adalah dengan poin penting yaitu fokus, Konsisten dan sabar". Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke sosial media kalian, terima kasih.

Pertama, ketika menjalankan bisnis online ada banyak tawaraan bisnis. Ketika ini terjadi maka penting untuk memilih salah satu saja atau 2 yang minimal hampir sejalan dengan bisnis yang akan di jalankan.

Beberapa contoh bisnis online terbagi atas 3 yaitu  (secara detail akan kita bahas dalam artikel berikutnya)

Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, komentar akan dimoderasi, salam sukses !!
© Mawardi Mustafa. All rights reserved. Premium By Raushan Design