Cara Membuat Daftar Isi Pada Blog Pengguna Wordpress

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas artikel di mesin pencari adalah dengan Membuat Daftar Isi Pada Blog. Baik itu pengguna Wordpress, blogspot atau CMS (Content Management System) lainnya.

Dengan menampilkan daftar ini membuat pembaca dapat menemukan informasi singkat tentang artikel yang sedang di baca.

Cara Membuat Daftar Isi Pada Blog Pengguna Wordpress

Pengertian dan Fungsi Daftar Isi

Secara singkat, daftar isi adalah sebuah daftar outline yang menggambarkan bagian-bagian artikel secara singkat dengan tujuan memudahkan pembaca menemukan poin-poin artikel yang sedang dibacanya.

Dengan adanya daftar isi, kamu akan mampu menemukan informasi artikel yang kamu cari secara cepat, memberikan gambaran singkat artikel yang kamu baca dan memudahkan pembaca dalam memahami artikel lebih cepat.

Dan kali ini kita akan membahas secara detail mengenai cara membuat daftar isi khusus untuk pengguna wordpress.

Cara Membuat Daftar Isi Pada Blog Pengguna Wordpress.

Bagi pengguna wordpress, membuat daftar isi bisa di lakukan dengan mudah menggunakan plugin wordpress baik yang berbayar atau pun yang gratis. adapun langkah-langkah dalam pembuatan daftar isi di situs/blog pengguna CMS Wordpress.

1. Sebelum menginstall plugin wordpress pastikan untuk membuat artikel dengan menggunakan struktur H1.H2, H3 dan seterusnya pada artikel.

2. Kemudian tambahkan (Add new) plugin kemudian ketik di kolom pencarian plugin Table of Contents Plus. Dan setelah itu klik install pada plugin tersebut. 

3. Setelah instalasi maka lakukan pengaktifan dengan menekan tombol activate, dan plugin sudah terinstal dan terpasang.

4. Selanjutnya adalah dengan melakukan setting pada plugin tersebut dengan cara klik plugins kemudian klik setting/pengaturan pada plugin yang di install tadi (Table of Contents Plus).

5. Lakukan settingan pada dasboard plugin tersebut yaitu :

  • Untuk Position : Top
  • Sedangkan Auto insert for the following content types: centang pada post dan page (atau hanya salah satu, sesuai kebutuhan)
  • Dan untuk Heading text: Daftar isi (atau sesuai dengan keinginan Anda)
  • Klik tombol Update Options untuk menyimpan

6. Lihat hasilnya pada salah satu postingan sebagaimana pada kriteria nomor 1. Secara otomatis akan terlihat daftar isi pada bagian atas dari postingan.

Baca juga : BloggingPro, Theme Wordpress Berita / Magazine Murah Berkualitas

Catatan :

  1. Daftar isi yang di hasilkan dari plugin ini secara otomatis akan membuat daftar isi sesuai dengan artikel yang kamu buat pada bagian atas postingan.
  2. Plugin ini hanya akan berfungsi pada postingan yang sudah di atur sesuai kriteria postingan poin 1 di atas

Kesimpulan dan penutup

Plugin ini sangat bermanfaat guna meningkatkan kinerja situs utamanya dalam membangun rasa nyaman pembaca. Selain itu dengan daftar isi, para pembaca bisa secara mudah melakukan navigasi atas artikel yang di baca.

Demikian Cara Membuat Daftar Isi Pada Blog Pengguna Wordpress, semoga bermanfaat, terima kasih.

Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, komentar akan dimoderasi, salam sukses !!
© Mawardi Mustafa. All rights reserved. Premium By Raushan Design