Cara Menampilkan Layar Smartphone Ke PC Tanpa Delay

Apa kalian penasaran ingin Menampilkan Layar Smartphone Ke PC Tanpa Delay baik menggunakan kabel USB atau tanpa kable (menggunakan jaringan Wi-Fi)?

Caranya cukup mudah dengan memanfaatkan sebuah software gratis bernama Scrcpy. Sebuah software yang dibangun dan dikembangkan oleh Bary Ran dan contributor dari berbagai negara melalui situs Github.com

Dan kali ini kita akan mebahas soal Cara Menampilkan Layar Smartphone Ke PC Tanpa Delay dengan menggunakan kabel dan juga dengan cara nircable atau wireless memanfaatkan software Scrcpy.

Sebelumnya mari kita kenali apa itu Scrapy?


Scrcpy adalah sebuah software atau aplikasi yang berfungsi untuk menghubungkan antara smartphone dan PC. Scrcpy menyediakan tampilan layar smartphone dan dapat di kontrol melalui perangkat komputer.

Artinya, ketika smartphone terkoneksi ke PC menggunakan scrapy maka 100 persen aktifitas smartphone bisa di kendalikan dan digunakan di PC.

Lalu bagaimana menggunakan Scrcpy?

Sebelum menggunakan Scrcpy maka perlu untuk menyediakan beberapa perangkat dan software. Beberapa hal perlu disediakan antara lain :

1. Perangkat Keras

  1. Komputer / Laptop
  2. Kabel USB
  3. Handphone

2. Perangkat Lunak

  1. Software Universal ADB (silahkan seacrh di google karena software ADB biasanya sudah disiapkan oleh perusahaan smartphone masing-masing). Namun bisa menggunakan software Universal ADB bila tidak memiliki software dari merk smartphone yang digunakan.
  2. Software Scrcpy hanya bisa connect pakai kabel USB dan type Qtscrcpy untuk Connect dengan kabel dan tanpa kabel. Silahkan pilih salah satunya sesuai kebutuhan dan pastikan software harus sesuai versi windows yaitu 64 bit atau 32 bit.

Langkah-langkah menggunakan Scrcpy

1. Download Software Universal ADB kemudian install di PC atau laptop yang ingin digunakan.

2. Aktifkan atau buka USB debuging pada Opsi Developer (pengembang) pada smartphone.

3. Setelah Universal ADB terinstall di PC dan USB Debuging terbuka, maka sambungkan HP dan PC menggunakan kabel USB. Pastikan untuk hp sudah terkoneksi dengan memberikan "izinkan PC mengakses perangkat smartphone" setiap kali tersambung melalui kabel usb.

4. Buka software Universal ADB dahulu kemudian dan Jalankan software ADB dengan menekan tombol proses hingga software ADB berjalan dengan baik di tandai dengan tanda centang pada smartphone

5. Buka Hasil download Scrcpy kemudian extract ke folder biasa. Scrcpy tidak butuh instalasi, jadi untuk menjalankan softweare Scrcpy tinggal membuka file bernama "scrcpy" type aplication.

6. Dua buah jendela akan terbuka yaitu tampilan CMD dan satu lagi tampilan layar smartphone.

Selanjutnya layar smartphone akan langsung terbuka secara otomatis di monitor PC dan bisa langsung di kontrol / dikendalikan.

Catatan : Biasanya pertama kali dibuka, Scrcpy akan menutup kembali atau putus tapi tidak usah kuatir, jalankan lagi Scrcpy dan kamu sudah mengotrol HP kamu lewat smartphone namun harus terhubung dengan kabel USB.

Untuk selanjutnya bila ingin mengontrol smartphone melalui PC atau laptop tanpa menggunakan kabel (memanfaatkan jaringan Wi-Fi)

Untuk perangkat yang digunakan adalah sama yaitu PC atau laptop, kemudian kabel USB dan smartphone. Namun jika menggunakan Wi-Fi pastikan PC dan smartphone untuk menggunakan satu jaringan Wi-Fi yang sama.

  1. Jika dari langkah 1 - 5 diatas sudah pernah dilakukan maka langsung saja masuk ke hasil download dari QtScrcpy kemudian extract hasil download tersebut.
  2. Software ini pun tidak perlu untuk di install, langsung menjalankan aplikasi "QtCcrcpy" dan hasilnya akan langsung terbuka
  3. Pastikan PC dan HP dalam satu jaringan wifi
  4. Jalankan wifi connet dengan menekan tombol sambungkan wifi.
  5. Setelah layar HP tampil di PC artinya, sudah tersambung dan siap di jalankan.

Demikian Cara Menampilkan Layar Smartphone Ke PC Tanpa Delay, semoga bermanfaat, terima kasih.

Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, komentar akan dimoderasi, salam sukses !!
© Mawardi Mustafa. All rights reserved. Premium By Raushan Design