Cara Tepat Penulisan Judul, Deskripsi dan Tag Pada Youtube

Banyak youtuber pemula yang terlalu bersemangat untuk meningkatkan kualitas channelnya dengan upload video yang banyak namun melupakan untuk melakukan optimasi pada Judul, deskripsi dan Tag videonya. Oleh karena itu Peringatan, Jangan Sepelekan Penulisan Judul, Deskripsi dan Tag Pada Video Youtube.

Ketika membuat channel baru dan sudah siap di gunakan, kebanyakan fokus youtuber pemula adalah bagaimana konten selanjutnya di upload, konten apa yang akan di produksi berikutnya atau bagaimana konsep video selanjutnya.

Mereka lupa untuk memikirkan tentang apa judul videonya, bagaimana deskripsinya dan apa saja tag yang akan di gunakan.

Setiap channel bagusnya bila memiliki satu topik (niche), misalnya niche tentang masakan maka sebaiknya untuk membuat target kata kunci yang berkaitan soal masakan terlebih dahulu baru membuat konsep videonya.

Dari judul dan konsep video tersebut barulah membuat video berdasarkan konsep judul dan deskripsi yang di buat.

Oke, kita akan memulai teknik ini secara baik dan terarah yaitu :

Penulisan Judul, Deskripsi dan Tag Pada Youtube


Pertama yang kita lakukan adalah membahas soal konsep yang akan kita berikan pada video dengan dasar dari judul, deskripsi dan tag yang telah dibuat berdasarkan struktur SEO

Kuta tentukan judul mengandung kata kunci, kita tetapkan deskripsi minimal 250 kata yang mengandung keyword utama dan turunannya, dan selanjutnya adalah menentukan tag dengan menggunakan keyword utama dan keyword turunannya.

1. Penulisan Judul

Pertama yang kita tetapkan adalah judul dari video yang akan kita produksi. Pastikan dalam judul yang kita buat ada keyword yang kita target. Bagusnya target keyword diletakkan pada awal judul agar mudah di indeks mesin pencari. 

Selain itu buatlah judul yang menarik tapi hindari klick bait. Contoh judul klick bait "Orang ini menemukan benda yang membuatnya kaya mendadak" atau, "ternyata, benda ini bisa bikin kamu jadi jutawan".

Penulisan judul seperti itu sangat di larang dan channel bisa di banned, intinya buat judul yang menggambarkan video mu secara ringkas.

Jika melihat judul click bait di atas harusnya penulisannya "Orang ini menemukan muntahan paus yang membuatnya kaya mendadak".

Penulisan judul harus benar-benar di perhatikan karena merupakan bagian penting dari sebuah channel atau video youtube. 

2. Pembuatan Deskripsi

Proses kedua adalah dengan membuat deskripsi yang mengandung kata kunci utama dan kata kunci turunan. Dimana deskripsi mengandung minimal 250 kata dengan 50 kata tiap paragraph.

Pada paragraf pertama usahakan menyelipkan kata kunci utama, sedangkan untuk paragraf kedua, ketiga dan ke empat untuk mengandung kata kunci turunan. Dan untuk paragraf terakhir adalah dengan mengandung kata kunci utama kembali.

Baca juga Cara Ampuh Mengelola Akun Youtube Baru Bagi Pemula

3. Pemilihan Tag

Sebenarnya banyak kabar yang menyatakan bahwa tag tidak lagi memiliki fungsi karena sering di salah gunakan banyak orang. Namun terlepas dari pendapat itu sebaiknya kita tetap memanfaatkan tag pada kolom video.

Untuk tag, diberikan kata kunci utama, kemudian kata kunci turunan dan dilanjut dengan long tail keyword atau kata kunci panjang.

Baca juga Cara Meningkatkan Optimasi Video Youtube

Produksi video

Setelah membuat beberapa daftar Judul yang telah di lengkapi dengan deskripsi dan tag, barulah kita membuat video dengan acuan dari daftar tersebut.

Konsep video di buat nantinya berdasarkan dari judul yang telah di susun, sehingga produksi video bisa fokus dan juga tepat sasaran karena kita telah membuat kata kunci utama.

Dengan demikian, alur video nantinya bisa fokus dan tidak melebar kemana-mana dan bisa konsisten mempertahankan alur video sesuai kata kunci utama.

Selain itu, dengan adanya judul dan deskripsi yang lengkap serta tag yang telah disusun akan mempermudah kita dalam membuat thumbnail untuk video kita nantinya.

Thumbnail isa di ambil di awal video atau dalam adegan video yang mana thumbnail tersebut juga fokus pada kata kunci target nantinya.

Mulai dari tampilan di gambar dan judul/nama thumbnail sebelum di upload pada video.

Demikian tips singkat Cara Tepat Penulisan Judul, Deskripsi dan Tag Pada Youtube, dan update sekarang dengan AI, pembuatan Judul, deskripsi dan tag kini lebih mudah.

Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, komentar akan dimoderasi, salam sukses !!
© Mawardi Mustafa. All rights reserved. Premium By Raushan Design