Frasa Kunci: Pengertian dan Manfaat

Ketika kamu memulai untuk menulis sebuah konten blog, maka kamu akan belajar tentang keyword dan frasa kata. Inilah yang akan kita bahas secara singkat mengenai frasa kunci, pengertian dan manfaat.

Sehingga artikel yang kamu hasilkan terlihat lebih natural dan hidup karena saat ini AI belum bisa memasukkan frasa kunci dan memaksimalkan kinerjanya dengan baik.

Dari awal, kita membahas tentang frasa kunci, namun kita tidak mengetahui persis apa maksud atau pengertian serta manfaatnya. Oleh karena itu kita akan ulas secara singkat hal tersebut :

Frasa Kunci Pengertian dan Manfaat
Ilustrasi : Keyword Research / freepik.com

Pengertian Frasa Kunci

Frasa kunci adalah kombinasi kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan inti atau topik utama dari sebuah konten, baik itu artikel, blog, video, atau halaman web. 

Dalam dunia digital, frasa kunci sering digunakan dalam konteks optimisasi mesin pencari (SEO) untuk membantu konten ditemukan oleh audiens yang tepat di mesin pencari seperti Google.

Misalnya, jika kamu menulis artikel tentang "tips merawat kulit wajah," maka frasa kunci yang relevan bisa berupa "perawatan kulit wajah," "tips kulit sehat," atau "produk perawatan wajah terbaik."

Membuat artikel dengan menanamkan frasa kunci bisa membuat/membantu mesin pencari mengelompokkan artikel untuk disarankan pada pembaca. 

Namun harus diperhatikan bahwa, bila terlalu banyak frasa kunci pada artikel juga berpengaruh buruk dimana blog / artikel di anggap melakukan tindakan spamming, maka bijaklah dalam memasukkan frasa kunci pada setiap artikel.

Manfaat Frasa Kunci

Secara khusus, penggunaan frasa kunci dalam artikel memiliki banyak manfaat namun kali ini kita akan bahas poin penting saja antar lain :

1. Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Menggunakan frasa kunci yang tepat dalam kontenmu membantu mesin pencari memahami topik yang kamu bahas, sehingga kontenmu lebih mungkin muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Dan untuk menemukan frasa kunci yang tepat kamu bisa gunakan berbagai tools seperti google keyword planner, keyword io, ahrefs, semrush atau answer the public.

Penggunaan frasa kata kunci ini diharapkan mesin pencari semakin mudah memahami artikel kamu hingga bisa memberikan rekomendasi yang tepat pada pembaca atas sebuah pencarian di mesin telusur.

Dengan demikian, artikel kamu akan mendapatkan pengunjung yang lebih tepat dan sesuai dengan keyword yang mereka cari di mesin pencari.

2. Menarik Audiens yang Tepat

Dengan memilih frasa kunci yang sesuai dengan minat atau kebutuhan target audiens, kamu bisa menarik pembaca atau pengunjung yang benar-benar mencari informasi yang kamu tawarkan.

Bila kamu menarget audiens tertentu, dengan memberikan frasa kunci yang lebih fokus maka akan membuat target kamu mudah menemukan artikel yang kamu tulis.

Semakin baik kamu dalam menentukan frasa kata kunci yang kamu bidik, maka semakin baik pula target dari artikel yang kamu buat.

Menarik untuk dibaca : Blog Autority, Pengertian dan Manfaat Besarnya

Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Ketika audiens menemukan konten yang relevan dengan apa yang mereka cari, mereka cenderung lebih lama membaca, berinteraksi, atau bahkan membagikan konten tersebut, yang bisa meningkatkan keterlibatan dan popularitas kontenmu.

Dan karena mereka mendapatkan artikel yang mereka sukai, audiens akan melakukan banyak hal yang memberi nilai positif pada artikel kamu.

Misalnya meningkatkan bounce rate, jumlah share yang meningkat atau memberikan komentar berupa bertanya tau mungkin menambahkan sebagaimana pengetahuan yang mereka miliki.

Meningkatkan Konversi

Jika kamu menjalankan bisnis online, frasa kunci yang tepat bisa membantu membawa pengunjung yang lebih siap untuk membeli produk atau layananmu, sehingga meningkatkan peluang konversi.

Dengan banyaknya pengunjung yang sesuai target maka akan meningkatkan konversi baik penjualan atau pun kunjungan.

Dan tujuan dari pembuatan sebuah artikel, tujuan terakhirnya memang untuk menjual, baik itu menjual produk atau sekedar menjual informasi yang berguna bagi pembaca.

Memonitor dan Menganalisis Performa Konten

Dengan menggunakan alat analisis SEO, kamu bisa melacak bagaimana frasa kunci yang kamu gunakan berkinerja, dan melakukan penyesuaian untuk meningkatkan efektivitasnya di masa mendatang.

Penting untuk menganalisa dan mengetahui kinerja dari frasa kunci yang disisipkan pada artikel, agar bisa di kembangkan lebih baik lagi pada masa yang akan datang.

Baca jugaElemen Penting Dalam Struktur SEO Untuk Artikel di Blogger

Frasa kunci sangat penting dalam pembuatan konten digital karena bisa membantu kontenmu ditemukan oleh orang yang tepat, meningkatkan lalu lintas situs web, dan bahkan mendukung tujuan bisnis.

Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, komentar akan dimoderasi, salam sukses !!
© Mawardi Mustafa. All rights reserved. Premium By Raushan Design