Plugin SEO Terbaik Dalam Optimasi Kemampuan Wordpress

Saat ini saya sedang melakukan perbandingan Plugin SEO  Wordpress Terbaik Tahun ini untuk membangun blog baru saya yang baru berusia 3 minggu. Selama 3 minggu ini saya melakukan perbandingan dan analisa terhadap beberapa Wordpress Plugin SEO dan menemukan banyak fakta menarik.

Oh iya, saya sejak dulu selalu menggunakan plugin SEO "All In SEO Pack" karena memiliki pengaturan yang simple. Namun jujur, setelah menggunakan beberapa Plugin SEO tahun 2024 ini saya sudah tidak terlalu tertarik dengan Plugin All In SEO Pack karena beberapa alasan.

Apa itu Wordpress Plugin SEO ?

Plugin adalah sebuah perangkat tambahan guna meningkatkan fitur dan kemampuan Wordpress dalam berbagai fungsi agar bisa di modifikasi menjadi berbagai jenis situs misalnya toko online, sosial media, forum dan lain sebagainya.

Sedangkan SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah kegiatan melakukan optimasi terhadap weblog agar ramah terhadap mesin pencari seperti google, bing, altavisata dan lain sebagainya.

Jadi Plugin SEO Wordpress adalah perangkat tambahan Wordpress guna meningkatkan fitur, kemampuan dan kinerja blog Wordpress dalam mengoptimalkan SEO sebuah blog agar ramah terhadap mesin pencari.

Plugin SEO Terbaik

Saya telah menggunakan berbagai jenis Plugin SEO Wordpress yang beragam dan melakukan praktek secara langsung sehingga artikel ini tidak sekedar hasil baca dan modifikasi artikel orang lain. Apa yang saya tulis adalah sesuai pengalaman yang saya rasakan dalam menggunakan berbagai macam plugin wordpress.

Dan dari beberapa jenis plugin Wordpress khususnya plugin SEO, saya telah merangking beberapa yang menurut saya sangat powerfull dalam meningkatkan kinerja SEO sebuah blog wordpress (WP),

1. Yoast SEO


Yang pertama diduduki oleh Yoast SEO. sebuah plugin wordpress yang memiliki fitur lengkap yang berkaitan dengan optimasi SEO sebuah blog wordpress. Plugin ini telah di download dan digunakan lebih dari 10+ juta instalasi aktif di seluruh dunia.

Fitur yang dimiliki sangat lengkap untuk pengaturan single post dengan berbagai tuntunan dalam penulisan artikel sehingga bisa menghasilkan artikel dengan kualitas SEO yang disukai mesin pencari.

Salah satu yang menurut saya masalah dari plugin ini adalah pengaturan plugin yang sedikit rumit, dan paling yang tidak suka adalah notifikasi yang terus berdatangan baik di blog atau masuk dalam email.

2. All In SEO


Waktu namanya masih All In SEO Pack, belum ada versi premiumnya, semua masih gratis dan memiliki fitur lengkap. Plugin ini benar-benar memiliki kinerja maksimal dalam menaikkan rangking blog di mesin pencari.

Dan sekarang dengan All In SEO yang sudah dilengkapi dengan versi premium, plugin ini tetap powefull namun beberapa pengaturan tambahan agar maksimal.

Bahkan plugin ini sudah memiliki fitur no category base, yaitu fitur untuk menghilangkan kategori di permalink blog.

Namun sama seperti Yoast, dulu pengaturan yang simple dan mudah, kini lebih sulit untuk di pahami dengan berbagai pengaturan dalam bahasa inggris.

Namun plugin ini tetap paling worth it, sebagai plugin SEO terbaik kedua terbukti dengan 3+ juta pengguna yang menggunakan.

3. SEOPress


Plugin SEO satu ini memiliki fitur yang juga cukup lengkap dan baik dalam optimasi blog pada mesin pencari. Plugin ini memiliki pengaturan yang cukup ringkas tidak seperti kedua plugin di atas.

Walau demikian, dengan pengaturan ringkas itu maka plugin SEO ini pun menampilkan pengaturan semi otomatis. Tidak seperti Yoast atau All In SEO, yang bisa otomatis penuh atau semi otomatis, plugin SEOPress ini tidak memiliki pengaturan full otomatis.

Sedangkan untuk settingan di single post pada saat melakukan penulisan artikel tidak menjadi bagian dari page postingan tapi dalam bentuk pop up, sehingga sering membuat lupa pada saat menulis.

Walau demikian sisi positifnya, pada tampilan single post kita tetap bisa melakukan pengeditan SEO karena tombol SEOPress juga terlihat pada bagian postingan artikel. Plugin ini sudah di gunakan lebih dari 300 ribu lebih pengguana.

4. Rank Math SEO


Plugin ini secara langsung menyatakan terintegrasi dengan AI (Artificial Intelligence) ChatGPT pada keterangan halamannya di wordpress. Memiliki fitur yang sangat baik dalam optimasi SEO dalam meningkatkan trafik blog.

Plugin ini cukup populer dengan jumlah pengguna telah tembus lebih dari 2+ juta pnegguna menadikan peringkat ke 4 dalam daftr SEO plugun yang saya rekomendasikan.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Pada Blog Pengguna Wordpress

5. Semrush SEO Writing Assistant


Pluin SEO satu ini memberikan kamu sebuah sugesti atau pilihan-pilihan dalam menulis, berupa sejenis tuntunan dalam penulisan artikel. Tentu dengan fitur ini kamu akan lebih mudah dalam menulis karena adanya bantuan tersebut.

Beberapa fitur bantuan yang diberikan seperti keterbacaan artikel, keyword suggestion atau rekomendasi keyword, cek plagiat dan beberapa fitur lainnya.

Dan fitur umum pada plugin SEO yang terdapat pada seluruh plugin SEO yang di bahas dalam artikel ini yaitu fitur SEO Score sebagai alat potensial dalam memaksimalkan Optimasi SEO pada blog kamu.

Plugin ini telah di install sebanyak 100 ribu lebih pengguna diseluruh dunia.

Penutup

Itulah beberapa Plugin SEO Terbaik Dalam Optimasi Kemampuan Wordpress yang menurut kami sangat layak untuk kamu coba guna meningkatkan kualitas SEO pada blog kamu.

Pentingnya SEO dalam mengelola suatu blog bukan lagi jadi rahasia, dengan adanya plugin SEO wordpress tersebut diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas blog kamu dari sisi SEO dimana blog kamu menjadi blog yang ramah terhadap mesin pencari dan bisa meningkatkan kunjungan ke blog kamu.

Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, komentar akan dimoderasi, salam sukses !!
© Mawardi Mustafa. All rights reserved. Premium By Raushan Design