Kategori Blog Paling Menguntungkan Jangan Salah Pilih

kategori tau topi atau niche paling menguntungkan ketika membuat blog pribadi / situs bisnis adalah kategori keuangan, review produk, travel, fashion

Ketika kalian memutuskan untuk menjadi blogger dengan tujuan untuk menghasilkan uang, maka fikirkan secara matang niche (topik atau kategori) dari blog yang akan kalian terbitkan.

Karena ini menjadi sebuah titik krusial dalam membangun sebuah blog yang bisa menghasilkan uang secara maksimal. Salah langkah dalam pemilihan Niche Blog adalah kesalahan fatal.

Jangan membuat blog hanya karena ingin di kenal keren atau sebagai gaya dan hanya ingin disebut sebagai seorang blogger atau orang yang memiliki website.

Jadi, pertimbangkan secara baik jenis blog apa yang bisa kamu buat sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan.

Apa itu Kategori Blog

Kategori Blog Paling Menguntungkan Jangan Salah Pilih
Ilustrasi : blogging by freepik.com
Kategori Blog atau Niche atau Topik adalah fokus pembahasan sebuah website pada satu jenis bidang tertentu. Semakin sempit sebuah pembahasan blog maka semakin baik di mesin pencari.

Ada banyak topik yang bisa kamu pilih ketika memutuskan untuk mempublikasikan sebuah blog misalnya keuangan, kesehatan, olahraga, kesehatan, berita/news, dan banyak lagi.

Bila kamu ingin membuat blog Pribadi (personal) dengan tujuan sekedar berbagi tanpa berharap banyak soal penghasilan, kamu bisa membahas sesuatu yang sesuai hobi (passion) kamu.

Namun bila ingin membuat blog sebagai bisnis maka pastikan untuk memilih kategori blog yang menguntungkan.

Tetapi ketika kamu hanya ingin membuat blog pribadi biasa tapi tanpa sadar memilih topik menguntungkan, maka itu adalah sebuah keberuntungan. Karena kamu telah selangkah lebih maju.

Lalu apa saja kategori blog yang menguntungkan tersebut ?

Disadur dari blog Financial Samurai, berikut topik yang paling menguntungkan untuk di bahas.

Kategori Blog Paling Menguntungkan

1. Keuangan / Keuangan Pribadi

Membahas masalah uang adalah pilihan paling baik ketika kamu menjadikannya sebagai topik dari blog kamu. Ya, alasannya karena semua orang butuh uang dan selalu tertarik ketika membahas soal uang.

Pembahasan soal keuangan memang ada banyak turunan dan berikut turunannya, utamanya adalah Bisnis ekonomi dan Manajemen keuangan

Dari kedua kategori ini masih bisa terus di turunkan menjadi pembahasan yang lebih spesifik lagi seperti untuk bisnis dan ekonomi mencakup ide bisnis, peluang bisnis, lowongan kerja dan seterusnya.

Intinya, bisnis dan ekonomi mengulas tentang cara menghasilkan uang.

Sedangkan manajemen keuangan lebih berfokus pada pengelolaan keuangan atau tips mengatur keuangan. Contohnya adalah pengelolaan uang pribadi, manajemen keuangan keluarga atau analisa keuangan perusahaan serta pembelajaran akuntansi.

Bila kamu ada poin ini maka selamat kamu telah memilih kategori yang tepat. Baca juga Keuangan Keluarga Yang Sehat

2. Ulasan Produk yang Membosankan 

Membuat ulasan produk khusus pada satu jenis niche juga pilihan terbaik kedua. Alasannya karena kamu bisa menampilkan dalam setiap artikel link penjualan produk affiliate.

Kamu bisa membuat ulasan tanpa henti terhadap banyak jenis produk. Namun kamu harus fokus pada satu jenis produk saja tentu lebih baik walau tidak larangan mengulas jenis produk apa saja.

Misalnya, kamu akan mengulas tentang produk perabot rumah tangga, tentu kamu bisa mengulas semua hal yang berkaitan alat-alat rumah tangga misalnya perabot kursi, sofa, lemari, mesin cuci, alat dapur, panci dan berbagai jenis perabot lainnya.

Namun bila kamu ingin lebih fokus maka bisa menarget satu jenis perabot saja misalnya alat-alat dapur yang banyak diminati dan termasuk barang yang sering aus dan rusak atau diganti dengan cepat.

Tujuannya adalah kamu nantinya akan memasang link affiliate untuk setiap produk yang kamu ulas tersebut.

3. Perjalanan (Traveling)

Traveling yang merupakan bagian dari gaya hidup juga memiliki banyak peminat dengan nilai iklan yang cukup baik. Ada banyak tempat wisata yang selalu butuh promosi untuk meningkatkan penjualan mereka.

Kamu bisa mengulas tempat yang kamu kunjungi atau menawarkan pada pemilik bisnis untuk menggunakan jasa kamu.

Selain tempat wisata, topik ini juga berkaitan dengan hotel dan produk-produk traveling seperti tas, alat camping dan berbagai jenis produk terkait lainnya.

4. Fashion (Gaya)

Perkembangan fashion dengan trend yang terus berubah menjadikan kategori ini tidak pernah kekurangan bahan postingan.

Selain itu kamu bisa mencari produk-produk harga tinggi atau produk bermerek dan mengulasnya dengan menempatkan link produk afiliasi.

Kamu bisa menarget konsumen pria atau wanita atau menarget keduanya sebagai pelanggan blog kamu.

Baca juga : Elemen Penting Dalam Struktur SEO Untuk Artikel di Blogger

5. Produk/Suplemen Kesehatan 

Kesehatan adalah topik yang menarik dan selalu memiliki banyak peminat. Dikarenakan kesehatan merupakan kebutuhan primer maka wajar memiliki banyak pengunjung.

demikian pula produk kesehatan juga tersebar banyak sehingga persaingan produk kesehatan juga tinggi membuat banyak perusahaan atau produsen obat mencari blogger untuk mempromosikan produk mereka.

Bila kamu memilih topik kesehatan, maka incar suplemen kesehatan, alasannya karena suplemen kesehatan bukan di tujukan untuk pengobatan tetapi lebih pada menjaga kualitas kesehatan.

Dan suplemen kesehatan dari data penjualan di shopee dan beberapa e-commerce lainnya berada pada angka penjualan tertinggi.

Penutup

Memutuskan untuk terjun dalam blogging, biasanya didasari dari sekedar hobi saja lalu berkembang menjadi sebuah peluang untuk menghasilkan uang tambahan.

Berbeda ketika membuat sebuah blog bisnis, harus melakukan pertimbangan matang karena jika salah pilih maka blog bisnis kamu akan sulit berkembang.

Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, komentar akan dimoderasi, salam sukses !!
© Mawardi Mustafa. All rights reserved. Premium By Raushan Design